Feri Tujuan Tanjungpinang-Tarempa, Akhirnya Berlayar Besok

Reporter : Koran Batam 16 Jun 2020, 23:29:57 WIB ANAMBAS
Feri Tujuan Tanjungpinang-Tarempa, Akhirnya Berlayar Besok

Keterangan Gambar : Ilustrasi (Foto : istimewa)


KORANBATAM.COM, ANAMBAS - Masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas, akhirnya bisa bernafas lega sebab Feri dari Tanjungpinang ke Tarempa sudah bisa berlayar. Kepala Dinas Perhubungan dan LH Pemkab Anambas, Ekodesi, menyampaikan jika keberangkatan kapal sudah bisa terlaksana. Para penumpang sudah disampaikan untuk dilakukan Rapid Test sebelum keberangkatan.

"Iya, kapal sudah jadi berlayar besok. Tapi penumpang harus Rapid Test dulu dan kalau reaktif tidak boleh berangkat," ujar Ekodesi, Selasa (16/6/2020).

Sebelumnya, Dishub LH Anambas, menyampaikan ada penundaan keberangkatan pada Senin (25/6/2020) lalu, karena masih perlu koordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau. Setelah rapat baru, diputuskan apakah kapal berlayar atau ada unsur lain yang menjadi pertimbangan.

"Kami hari Senin ini, dipanggil rapat oleh Dinas Perhubungan Provinsi Kepri untuk membahas Feri yang jalan ini. Jadi untuk sementara, hari Senin ini, belum jalan," kata Nurul, salah satu Pegawai Dishub LH Anambas kepada wartawan, Jumat (11/6/2020) malam.

Nurul menambahkan, selesai rapat dengan Dishub Provinsi Kepri, akan disampaikan kepada Gubernur Kepri. Sebelum hasil diputuskan oleh Gubernur Feri belum bisa dipastikan kapan akan berlayar.

"Nanti hasil rapat akan disampaikan ke pak Gubernur dulu. Jadi, kita belum bisa sampaikan kapan Feri berlayar, nanti sabarlah pasti ada perkembangan terbaru karena ini merupakan kebutuhan masyarakat juga," katanya.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas, rencananya akan kembali membuka akses transportasi dari Tanjungpinang ke Tarempa dan sebaliknya. Rencananya transportasi tersebut akan mulai berlayar Senin (15/6/2020), namun tetap menggunakan Protokol Kesehatan.

Kepala Dinas Perhubungan dan LH, Ekodesi, mengatakan, sesuai hasil rapat dengan tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Kepulauan Anambas, akan dibuka sementara empat kali perjalanan untuk mengakomodir para warga Kabupaten Kepulauan Anambas yang berada di Tanjungpinang dan Batam.

"Feri rencana mulai berlayar Senin nanti. Selasa dari sini menuju Tanjungpinang. Ini untuk mengakomodir para warga kita yang ada di Tanjungpinang tidak bisa kembali karena selama ini tidak ada transportasi," kata Ekodesi kepada wartawan, Kamis (11/6/2020) di ruangan kerjanya.

Eko juga menambahkan, para warga nanti akan ada pemeriksaan kesehatan di Tanjungpinang, jika tidak salah, Jumat esok tim medis dari Anambas akan berangkat ke Tanjungpinang. Tim medis nanti akan melakukan pengecekan kesehatan para penumpang dan kapasitas kapal rencananya sekitar 70 persen dan maksimal 80 persen.

"Sebelum berangkat, para penumpang akan dicek kesehatannya oleh tim medis. Kapasitas kapal juga dibatasi sesuai dengan Protokol Kesehatan walaupun telah dilakukan tes kesehatan di Pelabuhan Tanjungpinang," ujarnya.

Menurut Eko, pihaknya telah melayangkan surat kepada PT Rempang agar kembali melayani penumpang tujuan Tanjungpinang-Letung-Tarempa, pulang pergi (PP). Surat tersebut ditanggapi positif oleh pengusaha transportasi sehingga kapal Feri akan berlayar sementara 4 kali.

"Untuk kapal sabuk Nusantara, yang masuk menuju Kijang belum bisa membawa penumpang, kecuali tugas khusus, bukan dari Tarempa yang tidak bisa, namun yang dari Bintan belum membuka akses. Nanti misal naik penumpang dari sini tidak dikasi turun disana sama juga," katanya.

Nanti, tetap pihaknya akan koordinasi. Kemungkinan akan ada perubahan dan KM Bukit Raya juga akan kembali berlayar, namun tetap menggunakan Protokol Kesehatan. Kabupaten Kepulauan Anambas sebenarnya tidak ada masalah sebab masuk zona hijau, yang perlu diantisipasi adalah warga yang masuk ke Anambas.

"Logikanya warga sini, kemanapun bisa karena zona hijau, yang perlu diantisipasi adalah warga yang masuk. Inilah terus kita lakukan koordinasi apalagi dalam menyambut New Normal nanti," ujarnya. (red)




Komentar Facebook

Komentar dengan account Facebook